Rabu, 12 September 2012

Sholat di Masjid Kobe Jepang






Jepang yang mayoritas masyarakatnya menganut Shinto, ternyata juga telah memiliki masjid. Dan masjid pertama yang ada di Jepang merupakan Masjid Kobe yang berada di kawasan Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kobe. Masjid ini telah ada sejak tahun 1928 silam atas prakarsa para pedagang muslim India yang membentuk Islamic Committee for Kobe. Kala itu, seorang tokohnya bernama Mr. AK Bochia pergi ke India untuk mengumpulkan donasi pembangunan masjid ini.
Untuk arsitektural bangunannya sendiri dikerjakan oleh seorang India dengan mengambil tema bangunan-bangunan dari Timur Tengah, terutama Turki. Masjid Kobe sendiri mulai difungsikan pada tahun 1935 setelah mendapatkan persetujuan pembangunan dari kekaisaran. Masjid ini menjadi persinggahan ibadah bagi pedagang, mahasiswa muslim, guru dan lainnya yang merantau ke Jepang. Masjid Kobepun dikenal dengan sebutan Mecca of Japan. Pada lantai pertama masjid difungsikan untuk jamaah laki-laki dan lantai keduanya untuk jamaah perempuan. Sedangkan peruntukkan lantai ketiga dan basement digunakan untuk mengakomodasi jumlah jamaah yang besar pada acara festival tradisional Islam.
Masjid Kobe juga memiliki cultural centre yang terdiri dari kantor administrasi, perpustakaan, kelas dan juga apartemen. Bagi Anda yang bertujuan untuk mengunjungi masjid ini sekadar untuk melihat-lihat atau tur, dibolehkan dengan syarat tidak diperkenankan membuat keributan dan menjaga anak-anak kecil yang disertakan. Dan tur akan dilarang ketika sedang berlangsungnya sholat berjamaah lima waktu. Satu lagi untuk memasuki kawasan masjid Kobe sebaiknya menggunakan pakaian yang menutupi aurat sesuai dengan norma kesopanan dalam ajaran Islam.
Masjid Kobe ini telah mengalami beberapa peristiwa genting di Jepang, dimana salah satunya ialah peristiwa Perang Dunia Kedua dimana Jepang dibom atom oleh tentara AS. Nagasaki dan Hiroshimapun menjadi korban dari dentuman super dahsyat bom atom tersebut. Kobe yang jaraknya tak seberapa jauh dari lokasi pembomanpun tak terhindarkan luluh-lantak. Dan anehnya, masjid ini masih tetap berdiir kokoh sampai kini.

Lokasi
Masjid Kobe berada di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kota Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuntunan Hidup Agar Jangan Sampai Tersesat, Tidak Ada Arwah Orang Yang Meninggal Gentayangan

Fenomena anak indigo makin banyak muncul ditengah masyarakat. Sayang, hingga saat ini belum banyak yang mengkritisi anak indigo dari ti...